5 Masker Rambut Untuk Hilangkan Ketombe, Bikin Sendiri Bahannya Juga Mudah Didapat

9 November 2022, 23:19 WIB

HARIANKOTA.COM– RAMBUT adalah mahkota yang harus dijaga. Jangan sampai mengabaikan kesehatan rambut. Karena akan membuat rambut rusak dan rontok dan berketombe

Dilansir dari laman styalecraze ada beberapa cara untuk membuat masker rambut dan melakukan perawatan di rumah. Ini adalah pengobatan rumah untuk menghilangkan ketombe. Bahannya mudah dan ada disekitar kita.

  1. Minyak Kelapa dan Air Jeruk Nipis

Sifat pelembab minyak kelapa dan pH asam air jeruk nipis sangat cocok untuk ketombe musim dingin. Air jeruk nipis membersihkan kulit kepala dan mengandung asam sitrat yang menyesuaikan pH kulit kepala (1). Ini mencegah jamur ketombe tumbuh dan berkembang. Minyak kelapa menghidrasi kulit kepala dan helai rambut serta menjaga rambut tetap sehat dan berkilau.

Yang dibutuhkan adalah :

Minyak kelapa

1 sendok teh air jeruk nipis

6 sendok teh air

Bola kapas

Caranya : Pijat dengan menggunakan minyak kelapa ke kulit kepala Anda dengan gerakan melingkar. Encerkan air jeruk nipis dan air. Gunakan bola kapas untuk mengoleskan campuran ini pada kulit kepala. Biarkan selama 20 menit. Cuci dengan sampo anti ketombe.

Catatan: Perasan jeruk nipis dapat menyebabkan iritasi jika tidak diencerkan. Jika gatal bahkan setelah pengenceran, segera cuci dan oleskan lapisan minyak kelapa lagi.

  1. Lidah Buaya dan Daun Mimba

Lidah buaya mengurangi rasa gatal, bersisik, dan area yang terkena ketombe, sedangkan mimba memiliki sifat antibakteri dan anti jamur. Ketika digunakan dalam kombinasi, mereka membuat topeng DIY yang sangat baik untuk menghilangkan ketombe di musim dingin.

Bahan yang diperlukan adalah:

2 sendok makan gel lidah buaya

10-15 lembar daun nimba segar

Cara membuatnya

Blender gel lidah buaya dan daun nimba selama 6-7 detik. Oleskan campuran ini ke kulit kepala dan biarkan selama 30 menit.Cuci dengan sampo anti ketombe

  1. Sari Apel dan Fenugreek

Cuka sari apel memiliki pH rendah (pH asam), yang mencegah pertumbuhan jamur. Ini juga membantu membersihkan kulit kepala. Kandungan protein tinggi dan asam nikotinat dalam biji fenugreek membantu memperkuat akar rambut dan mencegah ketombe

Bahan yang diperlukan

2 sendok makan biji fenugreek
sendok teh cuka sari apel

Caranya adalah :

Rendam biji fenugreek semalaman.
Campurkan cuka sari apel dan 10-12 sendok makan air biji fenugreek.
Oleskan campuran ini ke kulit kepala.
Biarkan selama 30 menit sebelum dicuci.

  1. Minyak Pohon Teh Dan Minyak Almond

Sifat anti jamur minyak pohon teh dan sifat bergizi minyak almond membuat ramuan ini sempurna untuk menghilangkan ketombe dan merawat kulit kepala kering dan gatal

Bahannya adalah

2 tetes minyak pohon teh

50 ml minyak almond

Cara penggunaan adalah:

Encerkan minyak pohon teh dalam minyak almond. Kocok campuran ini dengan baik dan pijat ke kulit kepala Anda. Biarkan selama 30 menit sebelum dicuci.

Catatan: Minyak pohon teh harus diencerkan sebelum digunakan, karena dapat mengiritasi kulit. Jika Anda memiliki kulit kepala yang sensitif, hindari penggunaan minyak pohon teh.

  1. Teh Hijau Dan Jus Jeruk

Teh hijau mengobati ketombe dengan mengurangi produksi sebum berlebih di kulit kepala. Kandungan pH asam dan vitamin C dari jus jeruk menjadikannya kombinasi yang baik untuk menghilangkan ketombe musim dingin.

Bahan dan cara pencampuran :

4 sendok makan teh hijau

2 sendok makan jus jeruk

Selanjutnya campur teh hijau dan jus jeruk. Oleskan campuran ini ke kulit kepala. Biarkan selama 20 menit dan cuci dengan sampo anti ketombe.

di musim dingin. Ada trik lain yang bisa membantu menghilangkan ketombe musim dingin dengan cepat. Inilah yang dapat Anda lakukan.

Berita Terkait