Pengobatan Alami Untuk meredakan Pilek dan Flu

6 November 2022, 19:08 WIB

JAKARTA, HARIANKOTA.COM – Hidung meler, tenggorokan gatal, dan bersin adalah gejala umum dari pilek atau flu. Ketika hidung Anda tersumbat dan berair, Anda tidak bisa berhenti batuk dan bersin, dan tenggorokan Anda gatal, sulit untuk fokus pada aktivitas.

Berikut adalah lima obat rumah alami untuk meredakan pilek dan flu dilansir dari berbagai sumber.

  1. Teh jahe

Manfaat terapeutik jahe adalah karena adanya senyawa yang dikenal sebagai gingerol dan shogaols. Beberapa potong jahe segar mentah dalam air mendidih atau sebagai teh dapat membantu meredakan gejala pilek dan flu. Sambil menjaga Anda tetap terhidrasi, teh jahe mengurangi kemacetan dan menenangkan sakit perut.

  1. Susu dan kunyit

Banyak ahli menyarankan mengambil satu sendok teh kunyit dalam segelas susu hangat setiap hari untuk mencegah pilek dan flu. Kunyit dikenal luas karena efek anti-inflamasi dan antioksidannya. 

Oleh karena itu, campuran emas digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit kesehatan seperti gangguan pernapasan, peradangan, ketidaknyamanan sendi, gangguan hati, gangguan pencernaan, bahkan diabetes.

  1. Madu, air jeruk nipis dan air

Lemon membantu membersihkan lendir, membuatnya lebih mudah untuk dibersihkan. Madu, di sisi lain, mengandung peroksida yang membersihkan kuman penyebab virus. Ini adalah dosis yang sangat baik untuk meningkatkan pencernaan dan metabolisme.

Menempatkan madu ke dalam air jeruk nipis suam-suam kuku adalah cara paling efektif untuk mengobati pilek dan batuk biasa. Teh jeruk ini juga akan memberi Anda dosis vitamin C yang luar biasa, yang akan membantu sistem kekebalan Anda.

Berita Terkait