Dahsyatnya Konsumsi Degan Wulung, Air Ajaib yang Manfaatnya Luar Biasa

1 Agustus 2022, 20:52 WIB

Hariankota.com – Kelapa muda atau masyarkat sering menyebutnya degan memiliki banyak manfaat. Mulai daging kelapanya hingga airnya yang manis dan segar.

Ada dua jenis kelapa muda dijual di pasaran, kelapa muda biasa (degan ijo/hijau) dan kelapa muda jenis wulung atau degan Wulung. Untuk degan wulung memang tidak sebanyak jenis lainnya. Namun sejauh ini masih bisa diperoleh di pasaran

Untuk membedakan dua jenis degan tersebut sangat gampang. Bisa dilihat dari warna serabutnya. Untuk degan Wulung serabutnya yang berwarna merah muda sementara untuk jenis lainnya serabut berwarna putih gading.

Kandungan degan Wulung juga memiliki khasiat yang tidak kalah dengan kelapa pada umumnya. Rasa airnya selain manis juga sedikit asin namun menyegarkan dan banyak dicari sebagai obat. Memiliki kandungan protein, glukosa, tanin, serat, sakrosa, fruktosa, dan asam amino.

Dilansir dari berbagai sumber inilah manfaat rutin mengkonsumsi kelapa muda. Diantaranya

  1. Obat Anti Racun

Khasiat kelapa wulung untuk kesehatan sangat baik dan bisa
Menetralisir racun dalam tubuh. Baik disebabkan keracunan makanan maupun obat, karena kandungan Tanin dalam jenis tersebut kadarnya lebih tinggi dari degan biasa pada umumnya.

  1. Menyeimbangkan pH Tubuh

Saat tubuh mengalami dehidrasi usai beraktifitas membuat cairan tubuh banyak keluar melalui keringat. Hal sangat berbahaya. Dan air kelapa wulung ini dipercaya bisa membuat pH di tubuh menjadi seimbang. Sehingga kondisi tubuh jauh lebih sehat.

  1. Turunkan Kolesterol

Manfaat lainnya adalah dipercaya menurunkan kolesterol di tubuh. Karena ada kandungan protein dan serat yang lebih tinggi daripada kelapa muda biasa.

Dan serat inilah yang mampu untuk membuang lemak-lemak jahat di dalam tubuh yang memicu timbulnya berbagai penyakit berbahaya seperti jantung. Jika teratur mengkonsumsinya mengurangi jumlah kolesterol yang ada di tubuh.

Berita Terkait