Bill Gates, Pendiri Microsoft Dukung Transformasi Kesehatan di Indonesia

26 September 2022, 07:55 WIB

Hariankota.com –  Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyatakan Bill Gates, pendiri Microsoft mendukung transformasi kesehatan yang saat ini sedang berlangsung di Indonesia.

Saat ini pihak di Bill & Melinda Gates Foundation (BMGF) merupakan yayasan Filantropi Bill Gates sedang berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan RI untuk dukung berbagai target di sektor pembangunan kesehatan di tanah air.

Hal tersebut dinyatakan Menkes Budi dalam Bilateral Meeting dengan, Selasa (20/9/2022) lalu dalam rangkaian UNGA ke-77 dan Global Fund Replenishment Conference di New York, Amerika Serikat.

“Dukungan yang ada termasuk penguatan layanan primer berbasis pemanfaatan teknologi informasi dan teknologi kesehatan terkini,” kata Menkes Budi melalui keterangan resminya Minggu (25/9/2022).

Lanjutnya, transformasi layanan primer terutama transformasi teknologi informasi, aksi nyata yang saat ini dilakukan adalah pengembangan aplikasi PeduliLindungi menjadi citizen health app.

PeduliLindungi kini dilengkapi fitur baru di antaranya resume kesehatan sesuai dengan persetujuan termasuk riwayat vaksin baik di dalam maupun luar negeri untuk mempermudah penggunaan bagi Warga Negara Asing (WNA).

“Tingkatkan layanan kesehatan, PeduliLindungi akan disiapkan dalam 13 bahasa. Ke depannya, juga terintegrasi dengan platform SATUSEHAT yang bersifat personal,” beber Menkes Budi.

Ia memaparkan berbagai agenda transformasi kesehatan yang sedang berlangsung di Indonesia, beserta target-target nyata yang telah dicanangkan saat pertemuan dengan Bill Gates.

Berita Terkait