Senior Hipmi Solo Bekali Pengusaha Muda Hadapi Krisis Global

20 Januari 2023, 22:18 WIB

SOLO, HARIANKOTA.COM – Menjelang pelaksanaan Musyawarah Cabang (Muscab) IX Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Solo, panitia Muscab menggelar Silatcab (silaturahmi cabang) yang dikemas dengan Gala Dinner di Ono Solo Café & Eatery, Kamis (19/1/2023).

Sebanyak 150 peserta yang terdiri dari anggota aktif, senior-senior Hipmi, mantan ketua umum dan jajaran pengurus serta tiga calon ketua umum, Astrid Widayani, Rosanto Adi dan Respati Ardi. Pada silaturahmi cabang tersebut hadir Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa.

Ketua Organizing Committee Muscab IX Hipmi Solo, Jimmy Soegiharto menjelaskan silaturahmi cabang menjadi event rutin yang berlangsung menjelang acara puncak Muscab Hipmi.

“Kalau di muscab itu sebelum masuk acara muscab itu ada silatcab atau silaturahmi cabang. Tujuan dari silatcab ini adalah untuk berkumpul, bersilaturahmi, sarasehan antar anggota, pengurus, dan menggali ilmu dari senior-senior Hipmi,” jelas Jimmy di sela-sela acara.

Jimmy mengatakan, silatcab ini penting untuk meningkatkan koordinasi, berkolaborasi dengan tujuan mensukseskan Muscab Hipmi Solo.

“Kami juga mohon doa dan dukungan pada para senior sehingga acara dapat berjalan baik, aman, lancar dan membanggakan,” tutur Jimmy.

Ketua Umum Hipmi Solo periode 2019-2022 Guruh Adi Novianto menyampaikan Hipmi mempunyai masa pendewasaan yang cukup lama dan tetap eksis menjadi organisasi pengusaha generasi muda di Indonesia termasuk di Solo.

Hipmi Solo bisa kompak berdiri sebagai organisasi yang memberi kontribusi pada kota juga atas berat dari mantan ketua dan senior semua. Kunci utama adalah bagaimana bisa bersama-sama berkolaborasi. Perkuat digitalisasi dan terobosan inovasi, ini penting untuk membangun kokohnya pondasi ekonomi bersama,” tegas Guruh.

Menghadapi tantangan perekonomian global yang semakin penuh persaingan, Guruh mengajak semua anggota Hipmi untuk tetap berpikir positif dan fokus pada bidang usahanya.

“Tantangan ke depan sangat berat, pengusaha harus berpikir positif. UMKM adalah kekuatan pondasi terbesar Indonesia. Perkuatlah UMKM sekaligus untuk membanggakan produk Kota Solo,” ungkap Guruh.

Guruh juga berpesan untuk tiga kontestan calon ketua umum untuk membawa Hipmi Solo semakin maju dan guyup.

“Untuk para caketum kebanggaan saya untuk betul-betul bisa menjaga dan merawat Hipmi. Berkompetisi dengan sehat, baik untuk menjaga Hipmi tetap damai untuk membawa Hipmi kedepan semakin maju, guyup dan rukun, berkomitmen membangun Kota Solo untuk Indonesia maju,” tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, Agung Sasongko, mantan sekretaris Himpi Solo dibawah kepemimpinan Ketua Umum Susanto Cokro Sukarno menyampaikan sharing masa-masa awal Hipmi terbentuk.

Hipmi mempunyai nama yang baik bahkan mendapat kepercayaan dari berbagai institusi baik pemerintahan maupun swasta seperti perbankan. Waktu periode mas Santo dan saya sampai 15 tahun karena cari penggantinya tidak gampang. Karena jadi pengurus itu sudah pasti akan tombok secara materi. Namun semangat Hipmi sebagai organisasi pengusaha muda semoga berguna bagi masyarakat dan memberi kontribusi nyata bagi Kota Solo,” tutur Agung Sasongko.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Solo Teguh Parkosa dalam sambutannya menyampaikan rasa bangganya pada pengurus Hipmi Solo yang selalu kompak, guyup rukun dan menjalankan roda organisasi dengan berbudaya.

“Saya kira tidak perlu khawatir untuk masa depan Solo dan Indonesia bila pengusaha dan organisasinya seperti ini. Terlihat dari sikap dan semangatnya, mencetak kebangkitan ekonomi untuk Kota Solo. Karena untuk memajukan sebuah kota butuh seluruh komponen masyarakat dan mensejahterahkan rakyat tidak bisa dilimpahkan hanya pada pemerintah saja. Kehadiran Hipmi Solo membantu salah satu tanggung jawab pemerintah,” tutup Teguh.

Berita Terkait