Semar Abimanyu Dua Sapi Kurban Jokowi yang Dibeli di Karanganyar Dikirim ke Solo dan Boyolali

Semar Abimanyu Dua Sapi Kurban Jokowi yang Dibeli di Karanganyar Dikirim ke Solo dan Boyolali

16 Juni 2024, 18:05 WIB

KARANGANYAR, HARIANKOTA.COM – Semar Abimanyu Dua Sapi Kurban Jokowi yang Dibeli di Karanganyar Dikirim ke Solo dan Boyolali.

Kesibukan terlihat di kandang pertenakan sapi miliki Suparno, di Desa Pandeyan, Kecamatan Tasikmadu Karanganyar, Jawa Tengah.

Meski hari masih pagi, namun beberapa pekerja terlihat tengah membersihkan dua ekor sapi berukuran cukup besar. Ya, dua ekor sapi jenis simetal yang tengah dibersihkan ini sudah dibeli oleh Presiden Joko Widodo untuk kurban di hari raya Idul Adha.

Dan kedua sapi yang diberi nama Semar dan Abimanyu ini telah siap diantar langsung oleh Suparno ke Pondok Pesantren Raudhatul Maarif Boyolali dan Masjid Al Ikhsan Mojosongo, Kota Solo, tempat kurban Presiden Jokowi.

Suparno mengatakan kedua sapi kurban yang telah dibeli Presiden Jokowi ini memiliki bobot 835 kilogram dan 850 kilogram dan dihargai Rp 80.000 per kilogram, sehingga dua ekor sapinya dibeli presiden seharga Rp 134,8 juta.

Ia mengatakan pembelian hewan kurban oleh Presiden Jokowi ini yang kedua kalinya. Pada Idul Adha tahun lalu, Presiden Jokowi juga membeli sapi miliknya.

Hanya saja, pada tahun lalu, sapi miliknya yang dibeli oleh Presiden hanya seekor. Sedangkan pada tahun ini, sapi yang dibeli oleh Presiden berjumlah dua ekor.

“Alhamdulillah ini pembelian bapak Presiden Jokowi yang kedua. Tahun lalu bapak Presiden juga membeli sapi pada saya. Untuk tahun ini, bapak membeli dua ekor. Kalau tahun 2023,hanya seekor, ” papar Suparno pada HARIANKOTA.COM, Minggu (16/5/2024).

Ia mengakui tak mudah bagi sapi miliknya dibeli oleh orang nomer satu di Republik Indonesia ini. Ada beberapa proses yang harus dilaluinya hingga akhirnya sapi miliknya dibeli.

Diantaranya bobot minimal 800 kilogram. Kemudian dirinya harus mengajukan proposal disertai kondisi kesehatan sapi yang dibuktikan uji lab. Setelah diverifikasi, tim kepresidenan kemudian melakukan cek lokasi dan verifikasi faktual.

“Setelah semua persyaratan sudah dipenuhi, sepekan kemudian tim dari Sekneg turun untuk melakukan survai. Bahkan tim Dinas Pertenakan Provinsi dan Kabupaten ikut melakukan pengecekan terhadap kondisi sapi. Dan akhirnya saya mengajukan dua ekor ini, ” ujarnya.

Follow Berita Hariankota di Google News

Berita Terkait