Resep Tongseng Kambing Istimewa, Tanpa Bau Amis

12 November 2022, 22:29 WIB

Foto : Tongseng Kambing/wikipedia

HARIANKOTA.COM -Tongseng adalah sejenis gulai dengan bumbu yang lebih “tajam”. Perbedaan yang lebih jelas adalah pada penggunaan dagingnya. Daging kambing sendiri dapat diolah menjadi beberapa jenis masakan, seperti tongseng, sate, hingga gulai kambing

Penasaran bagaimana cara membuat tongseng kambing agar empuk dan lezat? Pastinya tidak berbau amis atau prengus. Simak resep tongseng kambing ini.

Bahan

½ kg daging kambing

¼ buah kol

6 buah cabai rawit

3 batang daun bawang

1 buah tomat 

3 lembar daun salam

1 batang serai geprek

3 lembar daun jeruk

Bumbu Halus

5 siung bawang putih

5 siung bawang merah

2 ruas kunyit

2 butir kemiri sangrai

5 sdm kecap manis

1 sdm kaldu sapi bubuk

800 ml air

garam dan merica

Cara Membuat Tongseng Kambing

  1. Pertama-tama, potong daging kambing berukuran dadu. Kemudian, rebus daging kambing sampai matang dan empuk, lalu tambahkan 1 sdt garam. Bila sudah matang, angkat dan tiriskan.
  2. Sambil menunggu daging matang, cuci bersih kol dan daun bawang, lalu iris-iris dengan ukuran sesuai selera. Potong juga tomat menjadi 8 bagian dan sisihkan ke dalam wadah. 
  3. Siapkan semua bumbu halus, lalu haluskan menggunakan chopper atau blender. Setelah itu, tumis bumbu hingga harum.
  4. Kemudian, masukkan daging kambing ke tumisan bumbu. Tambahkan kecap manis, garam, merica, dan kaldu sapi bubuk. Aduk sampai semua bahan tercampur rata. Lalu, masukkan air dan tunggu sampai mendidih.
  5. Setelah air mendidih, masukkan irisan kol, daun bawang, tomat, serta cabai rawit utuh. Aduk rata dan masak sebentar saja. Kemudian, matikan api dan tongseng kambing siap dinikmati. 

Tips mengolah daging kambing tidak berbau.

  1. Pisahkan lemak dan daging

Bau amis bisa muncul karena terlalu banyak lemak yang menggumpal pada daging. Jadi, pastikan untuk memisahkan lemak dan daging sebelum memasaknya, ya.

  1. Jangan dicuci terlebih dahulu

Berbeda dengan daging hewani lainnya, daging kambing tidak perlu dicuci sebelum dimasak. Hal tersebut justru akan menambah bau amis dan merusak tekstur daging.

Cukup dengan merebusnya saja untuk membunuh bakteri yang ada pada daging kambing. 

  1. Gunakan garam

Garam ternyata dapat mengunci bau tidak sedap pada daging kambing, lho. Jadi, saat merebus daging, kamu bisa menambahkan sedikit garam.

  1. Gunakan rempah

Rempah-rempah yang memiliki aroma khas juga dapat mengakali bau amis pada daging kambing. Kamu bisa menggunakan serai, daun jeruk, hingga cengkeh. 

Berita Terkait