Perlu Diketahui Jenis Penyakit Yang Muncul Saat Musim Hujan

3 Maret 2023, 13:38 WIB

Foto pixabay

HARIANKOTA.COM – Selama musim penghujan perlu diwaspadai berbagai penyakit yang biasanya timbul. Untuk iu masyarakat harus lebih serius menjaga kesehatan.

Dilansir dari laman halodoc, inilah beberapa jenis penyakit yang biasa muncul saat musim hujan.

  1. Flu

Biasa terjadi saat musim hujan. Disebabkan oleh virus yang menyerang sistem pernapasan. Cara pencegahan dari infeksi flu adalah rajin mencuci tangan setiap kali dari toilet ataupun aktivitas di luar rumah.

  1. Diare

Penyakit juga ini sering terjadi selama musim hujan karena mengonsumsi makanan atau air yang mungkin terkontaminasi. Nah, gejala diare adalah feses yang encer dan cair.

Gejala lain mungkin termasuk demam atau kram perut. Jika anda menemukan darah dalam tinja, ada kemungkinan anda terkena disentri.

Untuk pencegahannya adalah konsumsi makanan yang matang dan dikukus, gunakan sendok saat makan. Bahkan, sering mencuci tangan, dan jangan pernah menggunakan peralatan makan orang lain.

  1. Leptospirosis

Leptospirosis sendiri adalah jenis penyakit yang penyebarannya melalui bakteri. Biasanya orang dengan mudah mengalami penyakit ini bila bersentuhan dengan tanah, air, atau makanan yang terkontaminasi urine.

Serta dapat juga menular melalui darah, atau jaringan hewan yang terinfeksi. Gejala terinfeksi leptospirosis antara lain demam, sakit kepala, nyeri otot terutama pada betis dan paha, serta muntah-muntah.

Hal itu untuk beberapa kasus, gejalanya bisa parah termasuk meningitis, kerusakan hati dan ginjal, atau bahkan kematian. Anda bisa melakukan tindakan pencegahan dengan cara menghindari genangan air di jalan dan segera bersihkan diri dengan air.

  1. Tipes

Sakit perut, sembelit, diare dan juga sakit kepala, adalah gejala yang kerap dialami orang yang terkena tipes.

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi yang mencemari makanan dan juga minuman. Gejala lainnya yang umum ditemukan yaitu tubuh terasa lelah, nyeri otot, keluar keringat berlebih, batuk kering dan lainnya.

  1. Demam Berdarah

Penyakit lainnya yakni DBD, biasanya kondisi ini disebabkan oleh nyamuk Aedes yang menyukai air dan kelembapan. Tahap pertama dari gejala demam berdarah adalah 2-7 hari demam dan nyeri otot.

Sebagai langkah pencegahan, anda bisa menghindari daerah yang penuh nyamuk, gunakan obat nyamuk, dan tidur dalam kelambu. Di musim hujan, anda uga perlu menjaga kesehatan dengan cukup tidur, konsumsi makanan sehat, berolahraga secara teratur

Follow Berita Hariankota di Google News

Berita Terkait