Pemkot Solo Bakal Bangun Sekolah Khusus Olahraga, Tujuannya Bisa Menjaring Atlit.

31 Agustus 2022, 22:23 WIB

Hariankota.com – Kota Solo bakal miliki Sekolah Khusus Olahraga (SKO) terpusat di satu lokasi, mulai jenjang SD hingga SMA.

Sekolah Khusus Olahraga sebenarnya sudah dirintis era Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo bertempat di SMP Negeri 1 Surakarta dan SMA Negeri 4 Surakarta yang menerapkan Kelas Khusus Olahraga (KKO).

Untul SKO ini nantinya akan menempati lokasinya lahan bekas SMPN 5, Jalan Diponegoro No.45, Keprabon, Kecamatan Banjarsari.

Sekolah khusus olahraga yang di depan Pasar Triwindu, SMP 5 Surakarta, semua jenjang pokoknya terpusat disitu (pembelajaran),” ucap Gibran.

Saat ini pihaknya sedang menunggu persetujuan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, untuk jenjang SMA

“Tinggal persetujuan SMA boleh tidaknya kita ambil sekalian disitu. Ini perlu kerjasama dari Provinsi. Ini masih menunggu (kabar),” lanjut Gibran.

Ditambahkan Gibran dengan pendidikan olahraga berjenjang tentunya akan lebih mudah menerapkan disiplin ilmu. 

Pemusatan kegiatan pembelajaran ini, sebagai bentuk upaya kepedulian dan pencetakan atlet sejak dini oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Solo.

“Pengembangan atlet, yang paling penting dilakukan pembinaan dari kecil,” ucapnya.

Rencananya sekolah olahraga berjenjang ini merupakan pelopor, sebagai sekolah pertama di Jawa Tengah yang fokus pengembangan pembelajaran khusus bidang olahraga.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Cabang 7 Jawa Tengah (Jateng), Suratno mencatat ada sebanyak 15 satuan pendidikan setingkat SMA Negeri di wilayahnya yang menyelenggarakan KKO. 

“Kalau SKO di Jawa Tengah belum ada, baru sekolah yang ada kelas khusus olahraga (KKO),” pungkasnya.

Berita Terkait