Minuman Segar Khas Solo Ini Wajib di Coba Saat Berkunjung

6 November 2022, 17:06 WIB

SOLO, HARIANKOTA.COM – Aneka Minuman segar dan unik khas Solo bisa Anda nikmati saat berkunjung ke kota Solo. Inilah beberapa kuliner yang sayang untuk dilewatkan salah satunya khas dari China.

  1. Tahok

Tahok adalah sejenis snack yang berasal dari China. Terdiri dari ampas kedelai ayng dikentalkan dan kemudian disram dengan gula jawa cair dan ekstrak jahe. Penjual tahok bisa Anda temui di utara jembatan Loji Wetan atau di selatan Pasar Gedhe

  1. Wedang Dongo

Minuman hangat beraroma jahe ini mirip dengan wedang ronde. Wedang dongo terdiri dari bulatan yang terbuat dari tepung ketan yang berisi kacang tumbuk dan irisan kolang kaling, kemudian campuran ini disiram dengan air jahe manis. Minuman ini bisa dijumpai di Warung Klengkeng, Keprabon yang mulai buka pada sore hari.

  1. Wedang Asle

Minuman yang satu ini pun tak mau kalah wajib dinikmati saat berkunjung di Kota Solo. Apalagi kalau bukan wedang asle.

Minuman hangat berisi ketan putih, potongan agar-agar, juga irisan roti tawar dan siraman kuah santan yang gurih ini cocok dinikmati saat musim hujan sebagai penghangat badan.

Penyajian Wedang asle tidak disajikan dalam gelas, melainkan pada mangkuk kecil. Penjual minuman ini dapat ditemui di daerah Manahan dan Keraton Kasunanan Surakarta.
Dengan harga berkisar Rp.5000,- Rp.7.000, kita sudah dapat menikmati minuman manis gurih ini.

  1. Gempol Pleret

Es gempol pleret, perpaduan dua bentuk isian dengan bahan dasar yang sama yaitu tepung beras ini menjadi salah satu menu berburu kuliner di Solo terutama pada siang hari.

Gempol memiliki rasa gurih dan berbentuk bulat berwarna putih. Sedangkan pleret, berbentuk panjang pipih dan terasa agak manis karena ada campuran gula jawa. Dua isian tersebut diguyur dengan kuah santan serta memiliki cita rasa gurih dan manis dengan tambahan gula jawa.

Penjual es gempol pleret dapat ditemui di kawasan Pasar Gede Solo. Dengan harga berkisar Rp. 5000 – Rp. 8000 sobat wisata sudah bisa menikmati minuman segar ini.

Berita Terkait