KPU Mulai Rekapitulasi Perhitungan Suara Pemilu 2024

Rekapitulasi jumlah suara oleh KPU Solo

2 Maret 2024, 20:34 WIB

SOLO,HARIANKOTA.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perhitungan Perolehan Suara pada Pemilu 2024 tingkat Kota Solo.

Ketua KPU Kota Solo Bambang Christanto sampaikan acara yang digelar  di The Sunan Hotel ini dibacakan hasil rapat pleno dari Dapil Surakarta 1 dan 2 Pasar Kliwon, Serengan dan Laweyan, Dapil Surakarta 3 dan 4 Banjarsari dan Dapil Surakarta 5 Kecamatan Jebres.

“Kita tinggal tinggal bacakan hasil masing-masing Kecamatan,” jelas Bambang, Sabtu (2/3). 

Disampaikan Bambang, saat rekapitulasi tingkat kecamatan, sempat diwarnai aksi penolakan dari saksi berberapa partai yang menolak menandatangani berita acara hasil rekapitulasi. 

Salah satu alasan para saksi menolak menandatangani berita acara hasil rekapitulasi surat di antaranya karena data TPS dalam Sirekap tidak lengkap.

Terkait hal tersebut Bambang menyatakan bagi saksi parpol tidak tanda tangan berita acara merupakan hak masing-masing. Kondisi tersebut tidak  menghambat proses rekapitulasi dan para saksi tetap menerima hasil plano di tingkat kecamatan.

“Namun bagian terpentingnya alasannya (tidak mau tanda tangan) dituangkan pada form kejadian khusus,” imbuhnya. 

KPU Solo sendiri menjadwalkan pleno akan digelar sampai Minggu (3/3). Namun tidak menutup kemungkinan hari ini selesai rekapitulasinya. 

“Kita upayaka hari ini rekapitulasu bisa selesai. Karena data di masing-masing kecamatan sudah match semua,” pungkasnya.

Follow Berita Hariankota di Google News

Berita Terkait