Jelang Pernikahan, Putra Bungsu Jokowi, Kaesang Ziarah ke Penguasa Mangkunegaran

Kaesang-Erina ziarah ke makam penguasa Puro Mangkunegaran

29 November 2022, 13:05 WIB

KARANGANYAR, HARIANKOTA.COM – Pasangan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono terlihat berziarah ke penguasa Mataram yang ada di Giribangun dan Girilayu Karanganyar.

Pasangan calon pengantin tersebut tiba di Astana Mangadeg, Matesih, Karanganyar sekira pukul 10.00 WIB. Mengendarai Toyota Alphard hitam dengan nopol H 554 TO.

Hampir satu jam lamanya keduanya berziarah ke makam Mangkunegara I yang dikenal sebagai Raden Mas Said, Mangkunegara II dan Mangkunegara III.

Sekitar satu jam lamanya, keduanya akhirnya keluar dan berpindah ke Astana Girilayu. Disana dimakamkan Mangkunegara IV, V, VII dan VII, IX.

Pantauan di lokasi Kaesang Pangarep dan Erina Gudono tiba di Astana Giribangun didampingi sejumlah Adipati Mangkunegaran.

Kaesang terlihat menggunakan beskap warna jawi jangkep warna hitam. Sementara Erina menggunakan kebaya warna hitam. Tanpa alas kaki keduanya memasuki area pemakaman penguasa Pura Mangkunegaran.

Informasi yang didapat, Kaesang dan Erina Gundono, ziarah ke makam pendiri Puro Mangkunegaran dikarenakan keduanya bakal menggelar acara Ngunduh Mantu di Joglo Puro Mangkunegaran.

Usai ziarah, baik Kaesang Pangarep maupun Erina Gudono tak mau memberikan komentar dikit pun. Bahkan penjaga di Astana Mangadeg Harto Wilarso itu hanya menjelaskan bila keduanya, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono datang untuk tabur bunga dan dilanjutkan berdoa. Setelah itu Keduannya meninggalkan Astana Giribangun.

“Mas Kaesang datang dengan calon istrinya untuk berziarah ke Makam Raja Mangkunegaran. Datang sekitar jam 10.30 WIB,. Hanya berdoa kemudian tabur bunga setelah itu sudah,” ujar Wilarso, penjaga di Astana Mangadeg.

Berita Terkait