Jangan Takut Pelihara Kucing, Ternyata Manfaatnya Luar Biasa Lho

6 November 2022, 17:41 WIB

SOLO, HARIANKOTA.COM – Saat ini, kucing adalah salah satu hewan peliharaan terpopuler di dunia.
Kucing diketahui telah berbaur dengan kehidupan  manusia diperkirakan sejak 5.000 tahun SM. Dibuktikan dengan penemuan kerangka kucing di Pulau Siprus.

Bahkan sejak zaman 3.500 SM, orang Mesir Kuno telah menggunakan kucing untuk menjauhkan tikus atau hewan pengerat lain dari lumbung yang menyimpan hasil panen.

Ada banyak manfaat memelihara kucing di rumah, dilansir dari berbagai sumber ini manfaat yang bisa dirasakan:

  1. Menghilangkan rasa sepi 

Kucing bisa menjadi teman untuk menghalau rasa sepi saat berada di rumah. Tingkahnya yang lucu dan bisa diajak bermain dan berinteraksi membuat suasana sedikit ramai dengan aksinya yang berlarian disekitar rumah.

  1. Menghilangkan stres 

Dengan beban pikiran dan tuntutan tinggi baik dalam karir, pendidikan dan kehidupan terkadang membuat manusia merasa jenuh dan perlu merefresh otak agar tidak berpikir terlalu keras.

Keberadaan kucing dirumah bisa membuat rileks pemiliknya. Saat kamu bermain dengan kucing, otak akan melepaskan hormon oksitosin yang bisa membuat rileks sehingga menghilangkan stres. 

  1. Meningkatkan tingkat kekebalan tubuh 

Riset mengungkapkan anak di bawah usia satu tahun mempunyai kemungkinan kecil terkena alergi lantaran berinteraksi dengan kucing.

  1. Mencegah penyakit Jantung dan mengurangi resiko terkena stroke

Saat membelai kucing, kamu bisa mendapatkan efek yang menenangkan, mengurangi stres dan kecemasan, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung. 

Kehadiran kucing membuat kamu lebih sabar, nyaman, dan tenang sehingga risiko terkena stroke juga berkurang. 

  1. Membantu interaksi anak penyandang Autis 

Riset mengungkapkan kalau interaksi sosial anak penyandang autis bisa meningkat ketika berada di sekitar binatang peliharaan.

Berita Terkait