BPBD Solo Bentuk TRC Kota, Wawali : Perlu Koordinasi dan Kolaborasi Tanggulangi Bencana

16 Desember 2022, 23:54 WIB

SOLO, HARIANKOTA.COM – Pemkot Solo melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solo membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC) penanggulangan bencana.

Tim TRC untuk yang dikukuhkan langsung Wakil Walikota Solo, Teguh Prakosa untuk masa bakti 2022 – 2025 berlangsung di Hotel Megaland Solo, Kamis (15/12/2022).

Pengukuhan TRC Penanggulangan Bencana Kota Surakarta dilakukan oleh Wakil Walikota Surakarta, Teguh Prakosa.

Teguh Prakosa mengapresiasi pembentukan TRC dan berharap mampu mengatasi persoalan kebencanaan di Kota Solo yang rawan akan banjir genangan utamanya di musim penghujan.

Disamping itu faktor penting lainnya adalah koordinasi dan kolaborasi semua pihak dalam menghadapi kebencanaan.

“Kami berharap kepada TIM TRC yang telah kami kukuhkan butuh kolaborasi gotong royong,” pesan Teguh.

Sementara Kepala BPBD Propinsi Jawa Tengah, Bergas C Penanggungan dalam kesempatan itu memberikan materi teknis pelaksanaan dan kegiatan TRC. Dia mengapresiasi BPBD Surakarta membangun TRC Penanggulangan Bencana dengan melibatkan beberapa komponen.

“Harapan kami jika terjadi bencana bisa menjadi tanggung jawab semua pihak tidak hanya TNI, POLRI tetapi BPBD terkait berkolaborasi berperan sesuai dengan spesifikasi sesuai kemampuan dan kapasitasnya,” jelasnya.

Lanjut Bergas, apapun jenis peristiwa kebencanaan itu perlu penanganan cepat. Dimana penangan kebencanaan itu ada 8 klaster.

“Seperti sarana prasarana, kesehatan dan pengungsian,” pungkasnya.

Berita Terkait