Bandara Adi Soemarmo Perketat Pengamanan

9 Desember 2022, 22:43 WIB

BOYOLALI, HARIANKOTA.COM – Bandara Adi Soemarmo lakukan beberapa penyesuaian. mulai dari penyesuaian parking stand hingga penambahan personil Aviation Security pada Minggu (11/12).

Penyesuaian dilakukan untuk engantisipasi pergerakan tamu VIP dan VVIP yang bakal hadir dalam acara Ngunduh Mantu Presiden Jokowi di Solo.

“Kami akan melakukan penyesuaian agar parking stand Bandara Adi Soemarmo dapat menampung hingga 34 Pesawat, namun kami pastikan penyesuaian tersebut tidak akan mengganggu jadwal penerbangan reguler,” jelas Yani Ajat Hermawan selaku General Manager PT. Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo.

Sementara itu untuk menjamin keamanan tamu VIP dan VVIP, pihak bandara akan menerapkan prosedur standar keamanan berupa Pemeriksaan bagasi, pemeriksaan Penumpang, pemeriksaan kendaraan menggunakan Mirror Under Vehicle bagi tamu VIP dan VVIP yang melewati Akses Terminal Kargo.

Sedangkan bagi tamu VIP dan VVIP yang melewati Terminal Domestik, akan dilakukan pemeriksaan bagasi melalui X-RAY Passenger Security Checkpoint (PSCP), Pemeriksaan Penumpang menggunakan Walk Through Metal Detector (WTMD) dan Hand Held Metal Detector (HHMD).

Selain menambah personil Aviation Security, pihak bandara juga intens berkoordinasi dengan stakeholder terkait seperti TNI AU Lanud Adi Soemarmo, Polres Boyolali, Koramil Ngemplak, BIN dan BAIS.

“Personil-personil tersebut rencananya akan turut melakukan penjagaan pengamanan di Bandara Adi Soemarmo selama acara berlangsung,” imbuhnya.

Yani Ajat juga telah berkoordinasi dengan Anak Perusahaan yaitu Angkasa Pura Suport untuk mendatangkan X-Ray dan Walk Through Metal Detector (WTMD).

“Sebanyak satu buah x-ray dan satu walk Through Metal Detector didatangkan Angkasa Pura Suport dari Yogyakarta International Airport (YIA) dan siap dioperasikan ada H-4 acara Ngundhuh Mantu,” pungkas Yani Ajat.

Berita Terkait