Aktor Lee Jung Jae Dituduh Mencoba Merebut Hak Manajemen Secara Tidak Adil Di Perusahaan Produksi

19 Juni 2024, 17:49 WIB

Foto Istimewa

JAKARTA,HARIANKOTA.COM – Aktor Lee Jung Jae terlibat dalam perselisihan hukum dengan CEO Raemongraein, sebuah perusahaan produksi drama yang dia akuisisi tahun ini.

Pada pertengahan Juni, CEO KST Kim Dong Rae mengeluarkan pernyataan panjang kepada investor, yang menyatakan bahwa perusahaan Lee, Artist United, telah mengajukan gugatan terhadapnya atas kerusakan dan berusaha mengamankan hak manajemen melalui rapat umum yang luar biasa. Dia mengecam Lee karena tidak pernah mengunjungi perusahaan atau memiliki visi khusus untuk manajemen masa depan Raemongraein.

Artist United, di mana Lee Jung Jae adalah pemegang saham terbesar, mengakuisisi Raemongraein pada Maret tahun ini. Menurut CEO Kim, hanya tiga bulan setelah menjadi pemegang saham terbesar, Artist United menggunakan aset tunai perusahaan sebagai cangkang untuk mengakuisisi perusahaan hiburan yang ditangguhkan.

Bertentangan dengan diskusi awal kami sebelum investasi, saya mengetahui bahwa Artist United menggunakan dana Raemongraein untuk mengakuisisi perusahaan hiburan yang ditangguhkan. Langkah ini oleh (Lee dan Artist United), hanya tiga bulan setelah menjadi pemegang saham terbesar, tampaknya merupakan upaya untuk menggunakan aset tunai Raemongraein sebagai cangkang untuk mengakuisisi perusahaan lain.

—Kim Dong Rae

Kim juga menyebutkan Lee Jung Jae dalam pernyataannya, menambahkan bahwa sementara dia mengharapkan Raemongraein untuk mencapai ekspansi global melalui keterlibatan Lee, dia tidak menunjukkan minat pada pertumbuhan perusahaan sebagai investor.

Sementara manajemen Raemongraein saat ini menentang akuisisi perusahaan yang terdaftar yang ditangguhkan, Artist United telah memberi tahu manajemen untuk mengadakan rapat umum pemegang saham untuk membahas penggantian CEO, mengubah nama perusahaan, mengganti seluruh dewan, dan mengubah anggaran dasar. Kim menanggapi langkah ini dengan mengatakan, “Kita tidak bisa membiarkan Raemongraein menjadi korban kekuatan yang mencoba merebut hak manajemen melalui metode yang menipu.”

Perwakilan hukum Artist United berpendapat bahwa Kim telah memblokir investor untuk menjalankan partisipasi sah mereka dalam manajemen.

Sementara keterlibatan Lee Jung Jae dan (aktor) Jung Woo-sung dalam manajemen Raemongraein dibahas, Kim telah menolak untuk mematuhi permintaan para investor. Dia telah mengabaikan permintaan yang sah untuk rapat umum yang luar biasa, menghalangi partisipasi investor dalam manajemen.

—Artist United

Menanggapi gugatan tersebut, Kim meminta Lee Jung Jae dan investor lainnya untuk menghentikan “upaya tidak adil” mereka dalam merebut kekuasaan manajemen dan sebagai gantinya terlibat dalam “diskusi yang tulus dan masuk akal” tentang masa depan perusahaan.

Sementara itu, Raemongraein, yang memproduksi drama seperti Sungkyunkwan Scandal (2010) dan Reborn Rich (2022), memiliki Artist United sebagai pemegang saham terbesarnya, dengan 18,44% saham. Lee Jung Jae, sebagai tambahan, secara pribadi memegang 5,12% saham. Saham gabungan mereka berjumlah 23,56%. CEO Kim memegang 13,42% saham, sementara direktur perusahaan, Yoon Hee Kyung, memegang 0,51%.

Follow Berita Hariankota di Google News

Berita Terkait