5 Cara Mudah Menyembuhkan Sakit Kepala Secara Alami

6 November 2022, 20:06 WIB

Minyak Lavender

JAKARTA, HARIANKOTA.COM – Sakit kepala bisa menyerang tiba-tiba. Pemicunya juga beragam, seperti stres hingga dehidrasi. Terlalu lama berada di depan laptop atau terlalu lama menatap layar ponsel. 

Inilah beberapa sarang untuk pengobatan rumahan yang bisa mengurangi rasa sakit kepala secara alami.

1.Kompres dengan es batu

Ketika datang ke pengobatan rumah cepat untuk sakit kepala, kompres es sederhana sangat membantu. Baik itu di dahi atau kulit kepala Anda, kompres es dapat meredakan nyeri dengan segera. Sementara penelitian mengenai hal ini tidak cukup solid tetapi para ahli mengklaim itu mungkin karena pengurangan aliran darah. Jika Anda tidak memiliki akses ke kompres es, Anda dapat menggunakan paket gel beku, atau bahkan serbet atau kain lap yang dibilas dengan air dingin.

  1. Terapi pijat

Pijat sangat terapeutik karena membantu meringankanotot tegang. Terkadang, stres dan ketegangan di tubuh bagian atas menjadi penyebab sakit kepala. Ini bisa terjadi karena ketegangan pada otot akibat postur tubuh yang buruk atau rutinitas latihan yang berat. Pijat membantu menghilangkan rasa sakit kronis sambil membuka otot-otot tegang yang menyebabkan sakit kepala. Berikan tekanan pada titik nyeri tertentu untuk mendapatkan hasil instan.

  1. Minyak lavender

Minyak lavender diresapi dengan senyawa penting yang membuat Anda merasa lega dari gejala sakit kepala yang mengganggu dan membuat Anda merasa tenang dan rileks. 

Encerkan minyak dan oleskan ke titik nyeri dan pijat dengan lembut atau Anda bisa menghirupnya untuk mengatasi rasa sakit. Terapkan dalam proporsi kecil untuk mendapatkan hasil terbaik dan langsung.

  1. Cobalah beberapa latihan pernapasan

Sakit kepala dapat terjadi karena ketegangan dan stres yang selanjutnya dapat membebani saraf dan dapat ditenangkan dengan latihan pernapasan yang teratur. Latihan pernapasan lebih lanjut menempatkan upaya pada saraf Anda dan fokus pada pikiran Anda sambil menenangkan otot-otot Anda. 

Duduklah di tempat yang tenang dan ambil napas yang lembut dan berdenyut dan berikan diri Anda terapi relaksasi untuk mengurangi ketegangan otot.

  1. Meminum teh hangat dengan relax

Tidak ada yang lebih menenangkan daripada secangkir teh panas dan beruap. Ini membawa kehangatan pada otot-otot yang tegang dan membuat Anda bersantai dengan tenang. Teh herbal yang terbuat dari bahan chamomile, dandelion dan jahe ini disebut-sebut sangat baik untuk meredakan sakit kepala.

Berita Terkait